Rabu, 28 November 2012

Klorofil (hijau Daun)


KLOROFIL pastilah bukan kata yang baru bagi Anda. Anda juga pastinya sudah tahu beberapa manfaat klorofil bagi kesehatan. Selama bertahun-tahun, ilmu pengetahuan alam dan penelitian ilmiah telah mengungkapkan berbagai manfaat klorofil bagi kesehatan. Apa klorofil sebenarnya, apa yang membuatnya begitu istimewa dan keuntungan apa yang bisa Anda dapatkan dari klorofil? Berikut uraiannya untuk Anda.

Apa itu klorofil?

Klorofil atau yang biasa dikenal dengan zat hijau daun, sama seperti namanya, merupakan kandungan yang menyebabkan warna hijau pada tanaman. Apa yang dilakukan klorofil? Klorofil ini akan menyerap energi dari matahari untuk memfasilitasi berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan. Klorofil ini sama seperti darah pada manusia. Zat ini sangat berperan dalam fungsi metabolisme seperti pertumbuhan dan respirasi tumbuhan.

Yang lebih menarik lagi, komposisi kimia klorofil hampir sama dengan komposisi darah manusia. Bedanya, atom sentral klorofil adalah magnesium sedang atom sentral manusia adalah besi. Hal ini, ditambah dengan pentingnya klorofil dalam proses metabolisme tumbuhan menarik perhatian ilmuwan untuk mencaritahu kemungkinan apakah klorofil bisa mendatangkan manfaat yang sama pula pada manusia. Hasilnya, banyak penelitian yang telah menemukan manfaat klorofil bagi kesehatan manusia.

Manfaat klorofil bagi kesehatan

Klorofil mengandung antioksidan, antiperadangan dan zat yang bersifat menyembuhkan luka. Kandungan ini bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat lain dari klorofil:

    Klorofil berfungsi membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan.
    Klorofil membantu menetralkan polusi yang kita hirup maupun yang kita dapatkan melalui asupan makanan. karena itu, klorofil merupakan suplemen yang sangat bagus bagi perokok.
    Klorofil secara efisien melepaskan magnesium dan membantu darah membawa oksigen yang dibutuhkan ke semua sel di jaringan-jaringan tubuh.
    Klorofil juga terbukti berfungsi mengasimilasikan kalsium dan mineral-mineral berat lainnya.
    Klorofil potensial dalam menstimulus sel-sel darah merah untuk menyediakan suplai oksigen.
    Bersama dengan vitamin lain seperti vitamin A, C, dan E, klorofil terbukti bisa membantu menetralkan radikal bebas yang merusak sel-sel yang sehat.
    Klorofil juga berperan sebagai deodoran dalam mengurangi bau mulut, air seni, sisa pembuangan, serta bau badan.
    Klorofil juga mengurangi kemampuan zat-zat karsinogen untuk mengikatkan diri pada DNA dalam organ-organ utama tubuh.
    Klorofil bermanfaat dalam mengatasi gangguan akibat pembentukan batu kalsium oksalat.
    Klorofil juga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi luka secara alami.
    Klorofil juga mengandung zat antimutasi dan antikarsinogen yang berfungsi melindungi tubuh melawan racun-racun serta mengurangi efek samping obat.


Sumber klorofil

Sumber klorofil yang paling nyata adalah sayuran hijau. Akan tetapi, lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah. Proses pemanasan saat memasak merusak hampir semua kandungan klorofilnya. Atau, bisa juga menambah asupan klorofil dengan menggunakan suplemen. Klorofil banyak tersedia dalam bentuk ekstrak, cairan maupun tablet. Tidak masalah cair atau tablet, klorofil akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan jaringan dan organ, serta memperbaiki kesehatan secara umum.

Kandungan nutrisinya yang bermacam-macam dapat dimanfaatkan untuk penyakit

    Anemia
    Badan lesu kurang energi
    Diabetes
    Kolesterol
    Asam urat tinggi
    Tumor dan Kanker
    Gangguan saluran kemih
    Nyeri sendi (rheumatoid)
    Nyeri tulang & otot
    Gangguan ginjal
    Radang tenggorokan
    Asma & bronchitis
    Hipertensi
    Atherosklerosis
    Cacingan
    Kegemukan
    Gangguan pencernaan
    Kurang nafsu makan
    Sakit maag (gastristis)
    Tifus
    Sembelit & ambeien
    Haid tidak teratur
    Nyeri haid
    Bau mulut dan bau badan
    Gangguan hormon
    Gangguan kelenjar
    hepatitis
    Mimisan
    Ganguan lever
    Chirrosis hati
    Demam berdarah, dll
    Sebagai obat luar : Luka lama/baru, sariawan, jerawat,d


Bagikan :