Minggu, 18 November 2012

Kesucian Siti Zulaikha

Di dalam kitab BADA-I'UZ ZUHUR dan HADIQATUL AWLIYA' di kisahkan,tentang kecintaan siti Zulaiha kepada Nabi Yusuf 'alaihi salam yang mana berawal dari kecintaan pada jasadiah hingga ahirnya cinta kepada ruhaniah.karena didikan atau bimbingan Nabi Yusuf 'Alaihi Salam kepada siti Zulaiha. Alkisah, setelah Nabi Yusuf menjadi perdana menteri di Mesir, pada suatu masa Mesir di landa kekeringan. Nabi Yusuf pun sering melakukan inspeksi ke daerah-daerah untuk melihat keadaan rakyatnya. Dalam satu kunjungan di sebuah daerah yang miskin, tiba- tiba Nabi Yusuf di kejutkan oleh wanita tua renta yang berkata;"Maha suci Dzat yang telah menjadikan seorang hamba sebagai penguasa karena ketaatannya, dan menjadikan seorang penguasa menjadi hamba karena kedurhakaannya" Maka Nabi Yusuf pun menghentikan perjalanannya. Dan ketika menolehnya, Nabi Yusuf pun terkejut lalu berkata: "Engkaukah itu Zulaiha..?" "Benar.." jawab wanita itu. Lalu Nabi Yusuf berkata: "Di mana kecantikanmu dan kekayaanmu yang dulu itu..?" Zulaiha menjawab: "Semua telah sirna tampa sisa" Yusuf pun berkata lagi: "Lalu bagaimana perasaan cintamu.."Zulaiha menjawab; "cintaku tetap, tak kan pernah sirna dan tak kan pernah berubah, karena cintaku yang sangat besar kepadamu" Zulaiha segera pergi dan Yusuf pun terdiam, lalu Nabi Yusuf mengikuti Zulaiha hingga sampai di rumahnya, setelah sampai Yusuf berkata lagi pada Zulaiha; "Apa yang sebenarnya kamu inginkan, wahai Zulaiha..?" 
Zulaiha pun terdiam, tidak berani menjawabnya, karena mengingat keadaanya yang sekarang sudah tua renta dan juga mengingat kesalahannya dulu yang di perbuatnya pada Nabi Yusuf,yaitu memfitnahnya sehingga mengakibatkan Nabi Yusuf bertahun-tahun di dalam penjara. Dalam keadaan terdiammembisu, tiba-tiba turunlah malaikat Jibril pada Nabi Yusuf Alaihi Salam atas perintah Allah. 

Dan berkata padanya: "Wahai Yusuf, Allah memerintahkanmu agar memperistri Zulaiha. Dan Allah akan mengembalikan keadaanya,kecantikannya bahkan keperawanannya" Dandengan izin Allah jadilah Zulaiha seakan-akan terlahir kembali dalam keadaan seperti dulu kala, bahkan lebih cantik dari pada kecantikan yang dulu. Dan Yusuf pun menikahinya, setelah Zualaiha menjadi istri Yusuf banyak hikmah yang di dapat Zulaiha dari Yusuf. Diantaranya, Zulaiha semakin dekat dan mengenal Allah. apa bila setiap kali Zulaiha memuji Yusuf, Yusuf pun mengalihkannya pada nilai-nilai keluhuran, dari cinta materi kepada cinta abadi, dari cinta jasmani pada cinta ruhani, dari cinta duniawi pada cinta ukhrawi. "Wahai Yusuf, alangkah indah rambutmu" kata Zulaiha memujinya. "itu benda yang pertama akan lepas dari jasadku" jawab Yusuf. "Alangkah tampan wajahmu" kata Zulaiha. "Wajahku akan semakin pudar, berkeriput dan buruk, tak ada artinya di kemudian hari" jawab Yusuf. "Alangkah elok dan gagah paras tubuhmu" puji Zulaiha. "itu hanya akan jadi makanan atau sarang cacing tanah setelah kita mati" jawab Yusuf. Inilah pelajaran hikmah yang di tanamkan Yusuf pada Zulaiha dengan penuh keluhuran dan kasih-sayang cintanya kepada Zulaiha,sehingga benar- benar terpatri dalam kalbu Zulaikha, yang mana membuat Zulaiha yang cinta bergelora, silih berganti gelisah dan rindu sebagai kodrat alamiah kepada Yusuf berganti menjadi cinta mulia yang luhur dan agung kepada Sang Pencipta Yusuf yaitu Allah, yang membuat jiwa Zulaiha tenang dan tidak menimbulkan kegelisahan dan nafsu rendah duniawi. sehingga benar- benar tertanam dalam kalbu Zulaiha, yang membuat Zulaiha menjadi mukminat yang dekat dan senantiasa taat beribadah kepada Allah Subhanahu Wata'ala dan berketetapan hati untuk menghabiskan sisa umurnya untuk mengabdi hanya kepada Allah.sehingga membuatnya terhanyut dan tenggelam dalam samudra cintanya Allah Robbul Alamin. Sehingga cinta Zulaiha kepada Allah mengubah kepribadiannya, ia lebih banyak mendekat beribadah kepada Allah, dan menjauhi kesenangan dengan Yusuf.

sebagaimana yang ia katakan kepada Yusuf; "Dahulu aku sangat mencintaimu, sampai-sampai aku tergila-gila padamu, tapi itu semua karena dulu aku belum mengenal Allah. Tetapi setelah aku mengenal Allah dan mencintai-Nya, maka sehingga rasa cintaku kepada-Nya tak menyisakan ruang lagi untuk yang lainnya. Dan Aku tak ingin lagi pengganti selain cinta dari-Nya" Hingga pada suatu malam, datanglah Malaikat Jibril membawa kabar bahwa Allah akan menganugerahi dua orang putra melalui Zulaiha. Maka legalah hati Yusuf dan Zulaiha pun sangat gembira mendengar kabar tersebut. Dan Akhirnya, lahirlah dua anak yang di beri nama Ifratsim dan Maisya. kemudian mereka tumbuh sebagai orang- orang yang luhur danmulia, yang menjadi suri tauladan bagi rakyat Mesir. Inilah kisah keluhuran cinta Zulaiha, cinta yang merubah kehinaan menjadi kemulian, kecelakaan menjadi keselamatan, cinta yang merubah si budak nafsu syahwat menjadi hamba Allah yang taat, cinta yang menerangi segala kegelapan, cinta yang menyelamatkan dari jurang kehinaan, cinta yang menuntun kepada jalan kebahagian yang kekal abadi tuk selama- lamanya.

 *ALLAHUMMAR-ZUQNI KHUBBAKA WAKHUBBA MAN AKHABBAKA WAKHUBBA MA YUQORRIBUNI ILA KHUBBIKA WAJ'AL KHUBBAKA AKHABBAILAYYA MINALMA-IL-BARIDI*

 "Wahai Allah,anugerahilah hamba ini cinta-Mu dan cinta orang yang mencintai-Mu, serta cinta yang bisa mendekatkanku kepada cinta-Mu. Dan jadikanlah perasaan cintaku kepada-Mu melebihi cintaku kepada air segar sekalipun"
Bagikan :